fungsi lensa kamera

Mempelajari fungsi lensa kamera adalah salah satu hal yang harus diketahui karena semakin kamu mengerti, semakin bagus pula foto yang dihasilkan. Nah diluar sana ada beberapa kategori lensa kamera tetapi lensa kamera mana yang perlu dibeli? Mari kita bahas mengenai hal ini.

Menghasilkan foto yang berkualitas selain diperlukan keahlian yang mumpuni, juga harus ditunjang dengan peralatan yang memungkinkan.

Tak terkecuali kamera. Kamera sendiri tak terlepas dengan lensanya yang merupakan ujung tombak yang berperan sebagai media penangkap utama foto yang kita hasilkan. Itulah fungsi lensa kamera.

jenis jenis lensa kamera dan fungsinya

Memahami jenis lensa kamera & fungsinya untuk pemula

Memilih kamera adalah hal yang sangat sulit khususnya bagi fotografer pemula. Saat pertama kali ingin membeli kamera pasti kita bakal dibuat bingung ingin memilih kamera A, B, C atau D.

Hal tersebut wajar saja karena kita menginginkan kamera terbaik untuk kita genggam yang pastinya sesuai dengan isi dompet.

Tapi taukah kalian? Ada hal yang lebih sulit dibanding memilih kamera.

Yaitu memilih lensa.

Untuk fotografer pemula yang baru memiliki kamera dan buta akan pengetahuan tentang lensa, biasanya bakal cenderung kepengen lensa dengan body yang besar dan panjang karena dianggap kokoh, keren, cakep atau kece badai ulaa laaaaa uyee yeee Cape deh

Okee, agar kita tidak salah dalam membeli lensa dan tentunya tidak membuang-buang budget kita untuk membeli lensa yang nantinya hanya akan menjadi ganjal pintu 🙂 sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu berbagai jenis lensa dan fungsinya masing-masing kemudian barulah kita memilih berdasarkan genre / tipe fotografi yang sedang kita jalani.

Mengingat begitu banyak lensa yang bertaburan di pasaran dan tidak sedikit pula merek-merek lensa kamera pada masa kini.

1. Lensa KIT

fungsi lensa kit

Lensa KIT atau yang sering kita sebut sebagai lensa standar adalah lensa yang kita dapatkan pada saat pertama kali membeli kamera.

Kecuali jika kita membeli kamera body only maka kita tidak akan mendapatkan lensa KIT.

Lensa KIT yang ditawarkan pun berbeda-beda tergantung ketersediaan stok ditoko ataupun bawaan lensa pada brand kamera dan tipe kamera tertentu.

Ada lensa KIT 18-55 mm, dan 18-135 mm (kebanyakan)

Lensa kit biasanya memiliki bukaan (f) standar yaitu 4-5.6 artinya lensa KIT memiliki bukaan terlebar (f) : 4 pada focal lenght 18 mm dan f : 5.6 pada focal lenght 55 atau 135 mm.

Karena lensa ini lensa standar berarti hasil yang kita lihat di kamera kurang lebih seperti apa yang mata kita lihat.

Lensa ini sangat disarankan untuk fotograger pemula karena kita dapat terbantu menguasai genre fotografi yang kita inginkan.

Namun, untuk sebagian orang lensa ini sering diremehkan karena hasil foto yang kurang tajam. Tapi itu kembali lagi pada siapa yang memegang kamera.

Banyak manfaat dari lensa KIT ini, seperti foto landscape, potrait, bokeh, dan telephoto (FL:135mm).

Namun untuk lensa KIT 18-55mm lebih cocok untuk kalian yang sedang memiliki usaha studio foto kecil-kecilan seperti untuk keperluan foto potrait untuk pas foto

Harga lensa kit sendiri untuk seri 18-55 mm biasanya dijual dengan harga 1.300.000 – 1.900.000

Sedangkan untuk seri 18-135 biasanya sedikit lebih mahal yaitu sekitar 2.500.000 – 3.400.000

2. Lensa Wide

fungsi lensa wide

Sesuai namanya, lensa wide memiliki cakupan atau tangkapan gambar yang lebar.

Umumnya lensa wide memiliki FL (focal lenght) yang lebih kecil dibanding dengan lensa-lensa lain. Misalnya lensa wide 10-12mm, 10-22 mm, 18-24 mm dll.

Fungsi lensa ini sendiri adalah untuk mendapatkan dan memangkap gambar dengan sudut pandang yang lebih luas.

Lensa ini sangat cocok untuk fotografer yang suka dengan tema-tema pemandangan ataupun keindahan alam dan cocok juga untuk foto keluarga.

Lensa ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang bergelut di wedding fotografi, terutama pada saat menjadi fotografer di acara wedding yang memungkinkan kita menangkap foto tamu-tamu undangan yang biasanya ingin foto bersama pengantin.

kegunaan lensa wide

Lensa wide biasanya memiliki harga yang beraneka ragam sesuai dengan brand dan spesifikasi yang dimiliki. Untuk brand yang sudah terkenal seperti canon, nikon, sony, pentax, atau fujifilm biasanya harganya lebih mahal dibanding dengan brand yongnuo, meike, tamron, sigma dll.

Untuk lensa wide canoon 10-18mm IS STM f 4-5.6 biasanya dijual dengan harga 2 jutaan
Sedangkan untuk yang seri L 17-40 mm f 1.4 USM dibandrol dengan harga 6 – 7 jutaan kurang lebih dengan harga lensa nikon seri 12 – 24 mm f 1.4.

Untuk lensa wide third party biasanya jauh lebih murah.

3. Lensa Telephoto

fungsi lensa tele

Lensa telephoto atau lensa tele identik dengan bentuk lensa yang besar dan panjang. Bahkan beberapa lensa tele memiliki FL hingga 500mm.

Lensa tele sangat cocok digunakan untuk menangkap moment-moment yang kita tidak dapat menjangkaunya seperti menangkap foto satwa atau pemain sepak bola. Lensa inj juga cocok untuk kalian yang suka foto-foto candid dari kejauhan.

fungsi lensa tele canon untuk menangkap moment

kegunaan lensa tele untuk potret model

Harga lensa tele beraneka ragam pula. Biasanya semakin kecil nilai (f) number atau bukaan lensa makin lebar maka harganya juga semakin mahal.

Misalnya saja

Harga lensa telephoto 55-250 mm dengan f 4-5.6 dibandrol dengan harga 2-3 jutaan.

Sedangkan lensa telephoto 70-200 mm dengan f 2.8 bisa mencapai 8 – 10 jutaan.

Begitu juga dengan merk. Untuk merk third party seperti tamron 75-300mm non IS f 4-5.6 bisa kalian dapat dengan harga 1.3 – 1.5 jutaan saja.

Sedangkan untuk brand ternama seperti canon 75-300 mm non IS f 4-5.6 dibandrol dengan harga 1.8 – 2.5 jutaan.

Tentunya semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Untuk lensa telephoto sendiri disarankan untuk memilih yang sudah memiliki IS / VR (stabilizer) / menggunakan tripod jika tak memiliki IS / VR karena lensa yang satu ini cenderung rentan terhadap getaran akibat bobotnya yang berat, kecuali kamera yang telah memiliki fitur stabilization pada bodynya.

4. Lensa Fix

kegunaan fungsi lensa fix

Lensa fix atau yang biasa disebut lensa sejuta umat adalah lensa yang cukup praktis dan banyak digunakan oleh sebagian besar fotografer. Lensa ini sangat cocok untuk kategory foto model. Hal yang paling disukai dari lensa fix antara lain :

1. Bobot yang ringan
2. Harga terjangkau
3. Memiliki bukaan yang lebar (f) number kecil

Jika kalian tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli lensa dengan bukaan besar, lensa fix dapar memberi kalian solusi karena lensa fix yang banyak difavoritkan fotografer ini cukup terjangkau harganya, meskipun tidak sedikit juga lensa fix yang harganya selangit.

Lensa fix identik dengan FL yang tetap.

Biasanya di body lensa hanya menyediakan 1 number focal lenght misalnya 35mm, 50mm, 80mm, 105mm dll. f (number) nya pun berbeda2. Ada yang 2.8, 2.0, 1.8, 1.4, dan 1.2

Dan sekali lagi, harga untuk lensa dengan f (number) lebih kecil biasanya akan jauh lebih mahal selain memperhatikan series dan merek lensa.

Harga lensa fix termurah bisa kalian dapat dengan harga 700.000 an untuk produk third party sedangkan untuk produk brand terkenal rata-rata untuk lensa dengan FL 50mm bisa kalian dapat seharga 1.2 – 1.8 jutaan.

Untuk FL 50mm biasanya lebih murah dibanding lensa fix dengan FL lainnya. Ada yang 7 juta, 10 juta bahkan sampai puluhan juta.

Salah satu kekurangan pada lensa fix adalah FLnya yang tetap.

Jadi kita tidak akan bisa melakukan zoom in / zoom out. Yang ada kita harus maju mundur menyesuaikan objek yang akan kita foto. Agak ribet sih tapi itu bukan masalah yang berarti.

5. Lensa sapu jagat

kegunaan lensa kamera sapu jagat

Sebenarnya lensa sapu jagat lebih mirp dengan lensa KIT.

Dimana lensa ini dapat mencakup semua kebutuhan para fotografer.

Lensa ini memiliki FL tependek hingga terpanjang dengan (f) yang berbeda-beda. Istilah sapu jagat sendiri diberikan oleh para fotografer karena lensa ini bisa menangkap berbagai keadaan dalam pengambilan foto.

Misalnya landscape, potrait, sampai telephoto.

Rata-rata lensa yang termasuk lensa sapu jagat adalah lensa KIT 18-135mm, lensa 18-200 mm, atau 24-70mm. Lensa ini sangat cocok jika kamu tidak ingin repot-repot membawa banyak lensa saat bepergian.

Namun yang jadi masalah untuk fotografer dengan kantong tipis ada pada harganya. Kalian harus menyiapkan paling tidak 2.5 juta hingga 3.5 juta untuk lensa dengan f (number) standar (4-5.6) dan harus merogoh kocek lebih dalam jika ingin memiliki bukaan yang lebih lebar.

Demikan beberapa jenis lensa dan kegunaanya. Mudah-mudahan dapat membantu kalian dalam memilih lensa yang sesuai dengan genre fotografi yang sobat inginkan.

Sumber 1

Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: